Wednesday, April 21, 2010

Cara mudah mengatur SMS pemberitahuan dari Facebook

Saat ini facebook telah mendukung pemberitahuan yang dikirimkan ke ponsel melalui sebuah pesan singkat atau SMS. Hal ini bisa anda lakukan pada pengaturan akun facebook anda, tetapi pengaturan tersebut hanyalah pengaturan biasa. Namun kali ini kita akan mengaturnya dengan facebook mobile. Cara yang ditempuh kali ini sangatlah mudah.

Saat ini telah terdaftar 8 operator GSM di Indonesia yang telah mendukung facebook, 8 diantaranya adalah:
  1. Three Indonesia
  2. AXIS
  3. Telkomsel
  4. Bakrie Telecom (ESIA)
  5. Mobile 8
  6. Telkom Flexi
  7. XL
  8. Indosat

Namun jika operator ponsel yang anda gunakan belum terdaftar berarti belum ada dukungan dari facebook. Untuk lebih mudahnya dalam mengatur SMS pemberitahuan di facebook, tidak ada salahnya anda mengikuti langkah - langkah berikut ini:

Langkah 1
Buka browser yang anda gunakan di ponsel, disini saya memakai opera mini.

Langkah 2
Setelah membuka browser, di kolom url masukkan alamat "m.facebook.com" tanpa tanda kutip.

Langkah 3
Login dengan akun yang anda miliki.

Langkah 4
Klik tombol login setelah mengisi kolom username dan password anda.

Langkah 5
Setelah login yang anda lakukan sukses, maka anda akan diarahkan ke halaman awal facebook mobile. Untuk memulai mengatur pemberitahuan SMS langkah awalnya yakni klik tombol pemberitahuan.

Langkah 6
Selanjutnya klik tombol Menerima Pemberitahuan anda melalui SMS.

Langkah 7
Lalu pilihlah negara dimana anda tinggal dengan pilihan yang sudah disediakan. Karena kita tinggal di Indonesia, maka saya sarankan anda memilih negara Indonesia.

Langkah 8
Setelah memilih negara, kini anda harus memilih salah satu operator yang anda gunakan.

Langkah 9
Selanjutnya yakni mengirim sebuah sms dengan mengetik "FB" tanpa tanda kutip, lalu kirimkan ke 32665. Tunggulah beberapa saat hingga anda mendapatkan pesan balasan dari 32665 yang berisikan sebuah kode konfirmasi facebook ponsel. Setelah mendapatkan sms, klik tombol "Di Sini" (di dalam sms) untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Langkah 10
Sekarang anda isikan kode konfirmasi yang baru saja anda terima ke kolom yang sudah disediakan dan setelah itu klik tombol "aktifkan".

Langkah 11
Untuk menonaktifkan pemberitahuan SMS ini bisa dilakukan dengan cara yang cukup simple, yakni beri tanda centang pada "Aktif" atau "Nonaktif".

Langkah 12
Sekarang anda harus mengatur sendiri pemberitahuan macam mana yang ingin anda kirimkan ke nomor ponsel yang sudah anda daftarkan di facebook. Disini ada 8 macam pemberitahuan yang bisa anda kirimkan melalui sms, yaitu: Pesan, Pesan Dinding, Mengomentari Status Saya, Permintaan Pertemanan, Tanda Foto, Mengomentari Foto Saya, Mengomentari Catatan Saya, Colek.

Langkah 13
Seusai semua pemberitahuan telah anda atur dan disetujui, klik tombol Simpan lalu tunggu hingga proses selesai.

Langkah 14
Secara otomatis akan muncul pemberitahuan bahwa pemberitahuan SMS yang baru saja anda edit telah disimpan.

Kini anda bisa mendapatkan pemberitahuan facebook melalui SMS. Dengan begitu anda dapat terus mengontrol facebook anda jika ada sebuah pesan, pesan dinding, dsb tanpa harus membuka situsnya.

semoga bermanfaat
slackids
www.slackids.com

2 comments:

  1. setiap menerima pemberitahuan yang masuk ke hp atau sms yang diterima apakah kita di kenakan biaya seperti promo sms yang terima hrs bayar 2000 itu

    ReplyDelete
  2. info jadul akh..

    ReplyDelete

Blog Archive

LinkWithin