Sunday, April 25, 2010

Peran Kedelai dalam mencegah bahaya kolesterol



Supaya kolesterol tidak menimbulkan bencana bagi tubuh anda, tentu nya cara yang paling tepat untuk dilakukan adalah menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, kemudian meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Tapi, bagaimana cara meningkatkan HDL itu? Tentunya banyak sekali caranya, misalnya saja dengan berolahraga secara teratur sekitar setengah jam per hari, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, dan menurunkan berat badan bagi anda yang mengalami obesitas ataupun overweight.

Selain itu, ada beberapa makanan yang dapat menurunkan kadar LDL dan trigliserida tapi meningkatkan HDL, diantaranya adalah bawang putih, sayur - sayuran, buah- buahan, asam lemak omega 3 yang banyak terdapat pada minyak ikan, minyak zaitun, kacang hijau, dan kacang kedelai. Sejumlah bahan aktif dari makanan dan minuman - minuman itu bersifat antioksidan. Perlu anda ketahui, antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang sering dituding sebagai penyebab penuaan dini.

Sebagai antioksidan, isoflavon yang banyak terdapat pada kedelai telah lama diketahui mampu meningkatkan HDL. Penelitian American Heart Association menunjukkan, konsumsi produk kedelai selama tiga bulan berturut - turut mampu meningkatkan HDL rata - rata 4,7%. Penelitian menunjukkan risiko terkena serangan jantung turun hingga 4% dengan naiknya kadar HDL 2%. Sebaliknya, risiko terkena serangan jantung turun 2% dengan turunnya kadar kolesterol 1%.

Pada kedelai, tak hanya isoflavon yang berperan positif berkaitan dengan resiko yang ditimbulkan kolesterol. Lesitin kedelai, yang mempunyai sifat pengemulsi kolesterol, bisa berfungsi sebagai "bulldozer" kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, vitamin E kedelai dapat membantu pencegahan penyakit jantung koroner dan stroke. Dalam sebuah buku tentang kedelai dikatakan, salah satu manfaat vitamin E adalah untuk mencegah LDL teroksidasi, sehingga tidak terbentuk plak yang menyumbat arteri. Vitamin ini mampu meremajakan kembali arteri yang sudah tua sehingga kembali elastis.

semoga bermanfaat
slackids
www.slackids.com

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

LinkWithin