Friday, April 23, 2010

Yang perlu anda ketahui sebelum menggunakan Windows 7


Tanpa dipungkiri, Windows 7 merupakan sistem operasi terbaik yang ada hingga saat ini (menurut versi saya sich..:D), meskipun sebagian pengguna Windows XP masih berpendapat bahwa mereka tak melihat perbedaan yang signifikan antara Windows XP dan Windows 7. Namun, bagi anda yang masih berpikiran untuk upgrade atau membeli laptop baru, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu informasi seputar Windows 7 sebelum menggunakannya.

Windows 7 hadir dengan hampir 6 edisi yang berbeda, tetapi hanya 3 diantaranya yaitu Home Premium, Professional, dan Ultimate yang tersedia di pasaran, sementara itu untuk edisi yang lain menarget pasar tertentu di negara - negara berkembang atau pre-installed yang dipasang di beberapa notebook.

Pilih edisi yang mana?
Perlu anda ketahui, untuk upgrade ke Windows 7 hanya tersedia dari:
  • Windows Vista Home Premium ke Windows 7 Home Premium
  • Windows Vista Business ke Windows 7 Professional
  • Windows Vista Ultimate ke Windows 7 Ultimate

Pertanyaan yang sering muncul, bagaimana kalau saya menggunakan Windows XP? Bagi anda yang sedang menjalankan Windows XP dan ingin mengupgrade ke Windows 7, tidak ada jalan lain selain harus menjalankan "Clean installation".

Setiap edisi daripada Windows 7 dapat dengan mudah di upgrade, menggunakan fitur "Anytime Upgrade" ke edisi yang lebih tinggi.

Berikut ini adalah 3 edisi Windows 7 yang tersedia di pasaran termasuk di Indonesia:

Windows 7 Home Premium
Biasa digunakan oleh kebanyakan pengguna komputer. Sangat sesuai untuk menjalankan tugas - tugas harian, browsing internet, menonton dan mendengarkan file - file media, menyimpan gambar, bekerja dengan dokumen dan presentasi, serta segala sesuatu yang biasa anda kerjakan pada komputer anda. Harga retail untuk Windows 7 Home Premium Full edition sekitar $145.

Windows 7 Professional
Memiliki semua fitur Home Premium plus dukungan bagi Windows XP Mode, Domain Join, keamanan networking yang maksimal, serta fungsi full backup dan restore. Fitur - fitur ini merupakan edisi yang harus ada bagi bisnis kecil dan menengah atau home user yang berpengalaman.

Windows 7 Ultimate
Memungkinkan anda memilih kurang lebih 35 bahasa dan tetap mempertahankan data - data dengan aman berkat bantuan pre-installed Bitlocker. Begitu terinstall dan berjalan, maka Bitlocker akan mengencrypt semua file dan menjaga semua password dan informasi yang sensitif dari tindakan pencurian data. Windows 7 Ultimate Full dijual dengan harga kurang lebih $245.

Namun sebelum anda memutuskan untuk membeli ataupun mengganti sistem operasi anda dengan Windows 7, anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah komputer anda support dengan Windows 7. Caranya adalah dengan mendownload kemudian menginstall Windows 7 Upgrade Advisor. Tool ini akan menscan seluruh hardware pada komputer anda dan akan memberitahukan kepada anda tentang kompartibilitasnya.

semoga bermanfaat
slackids
www.slackids.com

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

LinkWithin