Saturday, September 25, 2010

cara mudah install squid

Cara mudah install squid. Berikut ini cara termudah untuk install squid proxy. Disini saya menggunakan Slackware 13.0. Yang dibutuhkan hanyalah file install.sh dan squid itu sendiri. Untuk squid saya menggunakan squid-2.6.STABLE18.tar.gz. Semua file yang dibutuhkan sudah saya upload dan bisa anda download disini. Langkah - langkah nya adalah sebagai berikut:

  • Upload file install.sh ke router dengan software ftp, disini saya memakai winscp
  • Upload juga squid-2.6.STABLE18.tar.gz ke router
  • pico install.sh << (sesuaikan dengan kebutuhan anda, jika bingung biarkan default saja)
  • chmod 755 install.sh
  • ./install.sh  << (jalankan perintah ini dan tunggu hingga proses instalasi selesai)
  • /usr/local/squid/sbin/squid -z  << (create swap directory, jalankan perintah ini satu kali saja)
  • /usr/local/squid/sbin/squid -D
  • done

Untuk melihat log akses ketikkan perintah: tail -f /usr/local/squid/var/log/access.log

Tutorial ini sudah pernah saya coba dan berhasil. Jika anda masih mengalami kesulitan silahkan mengisi komentar atau bisa langsung lewat chatbox, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin