Sunday, September 19, 2010

step by step instal ubuntu 10.04.1 server edition

Step by step install ubuntu 10.04.1 server edition. Tutorial berikut ini di buat untuk yang masih newbie seperti saya, dan jika ada yang kurang dan salah silahkan dikoreksi, thanks. Ok langsung saja.

Spesifikasi PC yang saya gunakan untuk instalasi ubuntu 10.04.1 server edition adalah sebagai berikut:
  • P4 1.7 GHz
  • Memory DDR1 1 GB
  • Hardisk 80 GB ATA
  • DVD-Rom Asus 16X Max
  • 2 buah ethernet/LANCard
Dan berikut ini adalah Step by step install ubuntu 10.04.1 server edition:


  • download file iso nya disini, atau disini, atau anda bisa cari dari google.
  • Burn file iso yang anda download tadi dengan menggunakan software burning, disini saya menggunakan nero dengan kecepatan burning saya set ke 16x.
  • Nyalakan PC yang akan anda instal ubuntu dan set booting dari CD/DVD-Rom
  • Pilih bahasa pembuka, disini saya memilih "English"
  • Pilih "Install Ubuntu Server"
  • Pilih bahasa yang akan digunakan dalam system, disini saya memilih "English"
  • Pilih dimana wilayah anda berada. Karena negara Indonesia tidak ada dalam list, silahkan pilih "other" dahulu.
  • kemudian pilih "Asia"
  • dan terakhir pilih "Indonesia"
  • Jika anda ingin melakukan detect keyboard silahkan anda pilih opsi "Yes", tetapi karena disini saya akan langsung memilih layout keyboard dalam list maka saya pilih opsi "No".
  • Pilih layout "USA".
  • pilih layout keyboard yang sesuai, disini saya pilih opsi "USA" juga, tunggu hingga proses deteksi hardware dan component lain selesai.
  • Jika muncul menu "Configure the network" (pada instalasi yang saya lakukan muncul 2 buah ethernet), tentukan primary network interfacenya (pada langkah ini, untuk primary network interface saya set ke eth0)
  • Isikan Hostname dari server anda, disini saya isi: slackids.proxies.homeonly.net
  • Untuk konfigurasi waktu, silahkan anda sesuaikan dengan wilayah dimana anda berada, disini saya pilih "Jakarta"
  • pada menu partisi, ada beberapa pilihan, disini saya pilih "manual"
  • pilih hardisk yang terdeteksi, disini hardisk yang terdeteksi di layar saya adalah:
    SCSI1 (0,0,0,0) (sda) - 80.0 GB ATA SAMSUNG HD080HA
    pri/log 80.0 GB            FREE SPACE
  • pilih free space yang terdeteksi, kemudian pilih "Create a new partition"
  • di kolom "New partition size" saya isi 100 MB (untuk partisi /boot), kemudian "Continue"
  • Pilih "Primary" karena disini adalah partisi /boot
  • pilih "Beginning" agar partisi diletakkan di awal
  • set partisi /boot seperti ini:
        Use as:                         Ext4 journaling file system
        
        Format the partition:      yes, format it
        Mount point:                 /boot
        Mount options:              noatime
        Label:                           boot
        (yang lain biarkan default saja)
  • setelah proses diatas selesai, silahkan pilih "Done setting up the partition"
  • pilih free space untuk membuat partisi lainnya, kemudian pilih "Create a new partition"
  • di kolom "New partition size" saya isi 2 GB (untuk partisi swap), kemudian "Continue"
  • untuk tipe dari partisi, pilih "Logical"
  • untuk lokasi partisi baru, pilih "Beginning"
  • opsi dari partisi swap saya seperti ini:
        Use as:                  swap area
       
        Bootable flag:        off
  • setelah proses diatas selesai, pilih "Done setting up the partition"
  • pilih free space untuk membuat partisi lainnya, kemudian pilih "Create a new partition"
  • di kolom "New partition size" saya isi 5 GB (untuk partisi /root), kemudian "Continue"
  • untuk tipe dari partisi, pilih "Logical"
  • untuk lokasi partisi baru, pilih "Beginning"
  • opsi dari partisi /root saya seperti ini:
        Use as:                    Ext4 journaling file system
       
        Mount point:           /boot
        Mount options:        default
        Label:                      root
        (yang lain biarkan default saja)
  • setelah proses diatas selesai, silahkan pilih "Done setting up the partition"
  • pilih free space untuk membuat partisi lainnya, kemudian pilih "Create a new partition"
  • di kolom "New partition size" saya isi 5 GB (untuk partisi /home), kemudian "Continue"
  • untuk tipe dari partisi, pilih "Logical"
  • untuk lokasi partisi baru, pilih "Beginning"
  • opsi dari partisi /home saya seperti ini:
        Use as:                    Ext4 journaling file system
       
        Mount point:            /home
        Mount options:        default
        Label:                      home
        (yang lain biarkan default saja)
  • setelah proses diatas selesai, silahkan pilih "Done setting up the partition"
  • free space terakhir sebesar 67.9 GB akan digunakan untuk partisi /cache dari squid proxy. pilih free space terakhir, kemudian pilih "Create a new partition"
  • pilih "Continue" untuk memakai sisa space yang kosong
  • untuk tipe dari partisi, pilih "Logical"
  • opsi dari partisi /cache saya seperti ini:
        Use as:                    Ext4 journaling file system
       
        Mount point:            /cache
        Mount options:        default
        Label:                      proxy cache
        (yang lain biarkan default saja)
  • setelah proses diatas selesai, silahkan pilih "Done setting up the partition"
  • setelah semua partisi dibuat, pilih "Finish partitioning and write changes to disk"
  • Write the changes to disks? << pilih "Yes" dan tunggu hingga proses Instalasi Base system selesai
  • Di menu "set up users and passwords", silahkan anda isi dengan username dan password
  • Encrypt your home directory? << saya pilih "No" karena saya tidak pernah menyimpan data penting di home direktori
  • How do you want to manage upgrades on this system? << disini saya pilih "No automatic update"
  • Untuk pilihan paket silahkan anda sesuaikan dengan kebutuhan
  • untuk instalasi GRUB boot loader, pilih opsi "Yes"
  • proses instalasi telah selesai, pilih "Continue" dan system akan reboot

semoga bermanfaat

Tutorial install ubuntu dengan gambar bisa anda lihat di: http://electrixundercover.blogspot.com/2010/08/tutorial-installasi-ubuntu-server-104.html

No comments:

Post a Comment

LinkWithin