Monday, April 26, 2010

cara membuat Windows 7 sebagai WiFi Hotspot

Kali ini saya akan mengulas cara membuat Windows 7 difungsikan sebagai WiFi Hotspot. Di beberapa situasi, anda mungkin perlu membuat WiFi hotspot secara cepat sehingga perangkat wireless lainnya dapat memanfaatkan koneksi Internet anda. Kali ini kita akan menggunakan Connectify yang dapat dengan mudah menyulap Windows 7 anda menjadi WiFi Hotspot secara instan.

Anda mungkin sedang berada di lokasi yang hanya tersedia satu - satunya koneksi untuk internet seperti di ruang kamar hotel, kantor, ataupun ruang rapat dan hendak menshare koneksi internet anda dengan orang ataupun perangkat lain. Connectify adalah software gratis dan ringan untuk resource sistem dan mudah diset up plus dapat mengubah Windows 7 anda sebagai WiFi Hotspot yang aman. Perlu anda ingat, Connectify ini hanya berjalan di Windows 7 home dan di atasnya, untuk starter tidak support.Instalasinya cukup mudah, dan setelah selesai, anda dapat mengakses Connectify dari ikon di Taskbar seperti pada gambar di bawah ini:

Pada menu settings, ketikkan nama untuk WiFi network, password untuk mengakses, lalu jenis koneksi internet yang hendak anda share. Pada contoh, disini saya mengisikan untuk Wi-Fi Name adalah slackids-WiFi, password abcdef1234, jenis koneksi internet adalah Local Area Connection (saya menggunakan koneksi internet dari kabel LAN), dengan Mode Ad-Hoc WEP. Setelah selesai, kemudian klik tombol start hotspot seperti pada gambar di bawah ini:


Setelah muncul tulisan hotspot running, berarti Wi-Fi Hotspot anda sudah berjalan. Untuk mengujinya, anda bisa mengkoneksikan perangkat wireless lain pada laptop Windows 7 anda.

Hasil uji yang saya lakukan menunjukkan sinyal dan kecepatan koneksi yang tergolong lumayan, tetapi mungkin akan sedikit lebih melambat dari biasanya. Hasilnya memang berbeda - beda, tergantung jenis hardware yang anda punya. Secara umum, bila anda ingin membuat Hotspot dalam tempo singkat, ada kalanya anda mencoba connectify.

semoga bermanfaat
slackids
www.slackids.com
Facebook TwitterGoogle Buzz Delicious Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

LinkWithin