Tuesday, April 27, 2010

tips optimasi dan percepat blog WordPress anda

Jika blog anda hosting di server secara gratis, ada kemungkinan mengalami peningkatan trafik yang serius, dan akan berpengaruh pada lambatnya query di databasenya.

Hal ini adalah wajar, mengingat hosting gratis umumnya membatasi quota bandwidth, dan bila penggunanya ingin menambah kapasitas bandwidth diharuskan untuk mengupgrade ke hosting yang berbayar. Jika blog anda
mengalami hal yang demikian, bisa saja hosting anda di suspend atau dihentikan oleh penyedia layanan karena dapat mengganggu servernya.

Untuk menghindari kejadian hosting anda di hentikan, ada baiknya anda mencoba beberapa trik berikut ini guna meningkatkan kecepatan loading blog dan trafiknya tetap tinggi meskipun hosting gratis. Tapi perlu anda ingat, sebelum mencobanya, saya anjurkan backup blog anda terlebih dahulu.

kurangi plugin
Semakin sedikit plugin pada blog anda, semakin cepat loading yang dilakukan, jadi matikan dan hapus saja plugin yang tidak diperlukan dari blog anda.

Ganti widget dengan code di sidebar. Sepertinya cara ini terlalu ekstrim tetapi sangat mudah dilakukan, dengan googling anda bisa mendapatkan contoh - contoh kode untuk menampilkan posting - posting terbaru dan terkait, kategori, tag, dan lain - lain untuk sidebar tanpa harus menggunakan widget.

Disable post revisions. Post revisions akan menggelembungkan database dengan record - record, maka yang harus anda lakukan adalah meletakkan baris berikut ini ke file wp-config.php:

define('WP_POST_REVISIONS', false);

Hapus table - table tambahan di wordpress database
Dapat anda lakukan dengan cara login ke hosting anda, kemudian masuk ke menu phpmyadmin dan buka blog database anda. Akan terlihat struktur tabel database wordpress, table default dari DB wordpress adalah yang seperti ini:
  • wp_comments
  • wp_links
  • wp_options
  • wp_postmeta
  • wp_posts
  • wp_terms
  • wp_terms_relationships
  • wp_terms_taxonomy
  • wp_usermeta
  • wp_users

Jika terdapat beberapa tabel tambahan (yang tidak digunakan oleh plugin) maka hapus saja tabel ekstra tersebut. keberadaaan tabel - tabel tersebut disebabkan oleh plugin - plugin saat di install dan uninstall pada waktu sebelumnya. Sebagian plugin menciptakan sendiri tabel ekstra dalam DB dan ketika anda putuskan menghapusnya. Sebagian tabel - tabel itu tetap ada. Anda tidak memerlukannya, jadi hapus saja tabel ekstra tersebut.

Bersihkan database Wordpress. Untuk tahapan ini, anda memang memerlukan plugin yang disebut Clean Options, download filenya lalu instal dan aktifkan di blog anda. Plugin ini membersihkan database wordpress, menghapus record - record yang tidak diperlukan. Setelah selesai digunakan, anda bisa mendisable dan menghapus plugin ini. Setelah database dibersihkan, selanjutnya silahkan tes blog dan fungsi - fungsi dari plugin yang ada. Jika diantaranya ada yang gagal bekerja, maka instal ulang saja plugin tersebut.

semoga bermanfaat
slackids
www.slackids.com

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

LinkWithin