Saturday, April 24, 2010

Cara upgrade Windows Vista ke Windows 7

Saat berfikir untuk beralih dari Windows Vista ke Windows 7, maka anda perlu pertimbangkan beberapa hal agar proses transisi dapat berlangsung lancar dan semua data anda dipastikan aman. Sebagaimana umumnya ketika melakukan suatu perubahan yang besar pada komputer anda, ada baiknya anda backup semua program, file, dokumen , dan data - data penting lainnya.

Untuk menginstall Windows 7, komputer anda harus memenuhi persyaratan minimal sebagai berikut:
  • Processor 1 GHz atau lebih cepat
  • RAM 1 GB (32-bit) atau 2GB (64-bit)
  • Hard disk 16 GB (32-bit) atau 20GB (64-bit)
  • Kartu Grafis DirectX 9 dengan driver WDDM 1.0 atau yang lebih tinggi

Bila anda kurang yakin dengan spesifikasi komputer apakah sudah memenuhi syarat untuk di install Windows 7, untuk memastikannya gunakanlah tool gratis yang disebut Windows 7 Upgrade Advisor. Tools ini bisa anda unduh disini.

Install dan jalankan tool tersebut, selanjutnya tool tersebut akan memeriksa hardware dan perangkat yang ada secara otomatis, kemudian menampilkan semua informasi kompatibilitasnya terhadap Windows 7. Jika sudah yakin komputer anda di install Windows 7, selanjutnya adalah memastikan apakah bisa langsung dilakukan Upgrade atau Clean Install, bila anda beralih dari versi 32 ke versi 64 bit atau sebaliknya, yang harus anda lakukan adalah Clean Install.

Beda Upgrade dan Clean Install
Pada saat upgrade, semua program, setting dan file - file akan dipertahankan, anda cukup menjalankan Windows 7 Upgrade Wizard. Begitu sistem operasi baru terisntall, anda sudah bisa melanjutkan kerja dengan komputer anda, menggunakan semua program dan file - file yang pada waktu sebelum di upgrade sudah ada.

Clean Install menghendaki anda membackup semua data dan setting karena semua data yang ada di drive sistem akan dihapus. Begitu melakukan transisi, anda harus menginstall semua program dan setting. Agar transisi lebih mudah, Microsoft telah mengembangkan free utility yang disebut dengan Windows Easy Transfer yang bisa anda unduh disini. Meskipun Windows Easy Transfer membantu mempertahankan dan mengimport semua setting dan file - file penting, anda tetap harus mereinstall program - program, jadi pastikan anda memiliki file - file instalasi yang diperlukan.

Perlu anda ingat, upgrade dari Windows Vista ke Windows 7 bisa memakan waktu beberapa jam, terutama jika anda mempunyai banyak program - program dan file di hard disk anda.

semoga bermanfaat
slackids
www.slackids.com

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

LinkWithin