Friday, April 23, 2010

cara mempercepat akses web dengan memodifikasi file HOSTS di Windows

Sistem kerja akses internet adalah, pada saat komputer mengirimkan permintaan atau request ke DNS server maka server akan memeriksa alamat IP nya. Selanjutnya mengubahnya menjadi nama dan mengirim alamat IP kembali ke komputer. Hal ini akan memerlukan waktu delay yang akan membuat akses ke web menjadi sedikit agak lambat.

Oleh karena itu, anda dapat menghilangkan delay tersebut dengan mengedit file HOSTS yang berada pada windows. Di sini saya menggunakan Windows XP SP 2.

File HOSTS terdapat pada:
C:\Windows\System32\Drivers\Etc\HOSTS

bukalah file tersebut menggunakan notepad.

Selanjutnya, ubahlah file hosts tersebut di komputer yang terdapat hostname dan korespondensi IP Address. Sekarang masukkanlah IP Address dan Hostname untuk situs yang sering anda buka. setiap masukkan tersebut harus berada pada satu baris, dimana IP Address berada pada kolom pertama dan kolom berikutnya adalah nama situs.

Berikut ini adalah contoh format penulisannya:
201.113.122.37 http://www.yahoo.com
202.201.125.23 htttp://www.google.com

Jika di inginkan, anda bisa menambahkan komentar untuk setiap situs yang anda buat, dengan memberikan tanda pagar (#) pada bagian akhir.

Berikut ini adalah contoh format penulisannya:
202.201.125.23 http://www.google.com #situs google

Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan file hosts tersebut.

Perlu diingat, jika anda melakukan hal ini maka anda harus sering - sering memeriksa dan melakukan update terhadap file hosts tersebut. Hal ini bertujuan untuk mencegah kegagalan pada saat anda membuka situs yang sama. Misalnya: suatu saat situs http://www.google.com ternyata telah berubah alamat IP nya. Sebab jika anda gagal mengakses sebuah situs ada kemungkinan IP address yang di periksa pada file hosts telah berubah.

semoga bermanfaat
slackids
www.slackids.com

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

LinkWithin