Friday, April 23, 2010

Sekilas tentang Google Buzz


Ketenaran situs jejaring sosial saat ini membuat beberapa perusahaan membikin inovasi - inovasi baru, salah satunya adalah Google, yang kini telah memiliki situs jejaring sosial barunya dengan nama Google Buzz.

Situs jejaring sosial saat ini sedang rame - rame nya di dunia maya. Ketenaran beberapa situs jejaring sosial memang banyak sekali mengundang perhatian. Selain sebagai penghubung antara teman dan teman, ternyata beberapa situs jejaring sosial juga sangat efektif sebagai sarana periklanan.

Facebook merupakan situs yang paling banyak digunakan dengan jumlah ratusan juta pengguna. Tidak kalah juga dengan situs jejaring sosial lainnya seperti MySpace, Twitter serta Friendster yang juga memiliki banyak pengguna dari penjuru dunia dengan jumlah yang tidak sedikit pula.

Walaupun masih tergolong baru, Google Buzz telah memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh situs jejaring lainnya. hal ini dibuktikan dengan terkoneksinya Google Buzz dengan situs jejaring sosial lainnya seperti Twitter, Picasa, Flickr, dsb. Dengan jumlah pengguna yang dimiliki beberapa situs jejaring sosial yang sudah banyak pengguna seperti Facebook juga Twitter pastinya akan membuat Google terus memberikan banyak inovasi agar Google Buzz juga meraih kesuksesan seperti situs jejaring sosial lainnya.

Kehadiran Google Buzz pada beberapa saat yang lalu mungkin akan meramaikan persaingan situs jejaring sosial di dunia maya dan Google Buzz merupakan situs jejaring sosial terbaru dari Google setelah Google memiliki beberapa situs jejaring sosial sebelum Google Buzz. Situs jejaring sosial terbaru ini memiliki sebuah tampilan yang dinamis dengan kombinasi beberapa warna yang menarik. Tidak hanya itu, Google Buzz juga diklaim oleh Google memberikan banyak sekali kemudahan dalam pengoperasiannya.

Selain itu, Google Buzz juga menggabungkan Gtalk, Gmail, dan fasilitas Chat video serta pesan yang bisa di update dengan cepat. Selain itu, Google Buzz juga telah terintegrasi dengan Google Map yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui keberadaan atau lokasi teman pada saat tertentu seperti mengirim pesan, update status, dsb. Hal inilah yang akan menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Google Buzz. Hanya dengan memiliki akun Gmail maka anda bisa menggunakan Google Buzz sesuai dengan keinginan anda.

Google Buzz telah bekerja sama dengan beberapa situs yang ada di dunia maya seperti Twitter dan juga situs penyedia gambar foto seperti Picasa. Dengan adanya kerjasama dengan Picasa anda dapat berbagi foto album yang pernah anda buat di situs Picasa.

Google Buzz mampu menampilkan beberapa pesan postingan dari situs jejaring sosial milik pihak ketiga seperti Twitter. Jadi pengguna bisa melihat beberapa pesan postingan di Twitter melalui Google Buzz. Namun sebaliknya, postingan yang berasal dari Google Buzz tidak bisa ditampilkan di Twitter.

Ketika anda sudah mendaftar di Google Buzz, maka secara otomatis semua kontak yang tersimpan di Gmail langsung di Follow oleh Google Buzz. Namun kita juga bisa melakukan Unfollow terhadap teman yang sudah di Follow oleh Google Buzz. Seperti halnya situs jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter, pada Google Buzz juga terdapat sebuah layanan yang bisa digunakan untuk mengupdate status. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan hal - hal lain seperti berbagi link web, foto, serta video.

Di Google Buzz kita bisa mendapatkan beberapa kemudahan yang bisa kita gunakan yang meliputi tampilan followers atau following sesuai dengan keinginan kita agar tampilan lebih menarik. Tidak hanya itu, dengan membuka akun Gmail, kita sudah bisa mengetahui kondisi Google Buzz kita seperti halnya update status, melihat pesan, dsb.

Fitur Google Buzz yang baru saja dilaunching ini juga kompartibel dengan perangkat mobile berbasis Android dan nantinya Google juga akan menciptakan beberapa aplikasi khusus Google Buzz untuk sistem operasi ponsel Symbian serta Windows Mobile.

semoga bermanfaat
slackids
www.slackids.com

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

LinkWithin